Main Article Content

Abstract

Penelitian dilakukan di Hotel Sapadia Gunung Tua. Dalam penelitian ini, data mentah digunakan dengan melakukan wawancara dengan pihak-pihak baik di dalam maupun di luar hotel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran Hotel Sapadia Gunung Tua. Penelitian ini diuji dengan menggunakan metode analisis SWOT yaitu dengan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal perusahaan berupa analisis faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor eksternal (peluang dan ancaman), maka terbentuklah matriks SWOT. Berdasarkan analisis SWOT ini, menghasilkan beberapa faktor-faktor strategis dari Hotel Sapadia Gunung Tua, diantaranya bahwa Hotel Sapadia Gunung Tua memiliki cukup kekuatan dalam internal perusahaan, dimana hal ini bisa menjadi daya saing tersendiri bagi Hotel Sapadia Gunung Tua. Selain memiliki kekuatan, Hotel Sapadia Gunung Tua juga memiliki kelemahan yang harus diatasi dan peluang yang harus dimanfaatkan, serta ancaman eksternal yang harus dihadapi. Faktor-faktor itulah yang pada akhirnya dapat menjelaskan posisi Hotel Sapadia Gunung Tua di pasar persaingan hotel. Dari hasil analisis faktor inernal dan eksternal


terlihat bahwa Hotel Sapadia Gunung Tua berada pada strategi stabilitas bertumbuh dan berkembang atau berada pada integritas vertikal yang merupakan posisi kompetitif pasar yang kuat dalam bisnis perhotelan yang berdaya saing tinggi dimana bentuk strategi tersebut meliputi efisiensi biaya operasional, penetapan tarif-tarif khusus atau diskon serta mempertahankan mutu pelayanan.


 

Keywords

Strategi Pemasaran, Analisis SWOT dan Tingkat Hunian Kamar.

Article Details

How to Cite
Siregar, N. S. (2023). Analysis of Marketing Strategy in Increasing Room Occupancy Rate at Hotel Sapadia Gunung Tua. Jurnal Online Mahasiswa, 1(4). Retrieved from http://jom.poltekparmedan.ac.id/index.php/jomph/article/view/85

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.