Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pentingnya komunikasi antara Order Taker dan Departemen Front Office di Cambridge Hotel Medan. Komunikasi merupakan hal penting, yang tidak bisa lepas dari berbagai aspek kehidupan manusia. Walaupun hotel telah memiliki fasilitas yang dilengkapi dengan teknologi modern, namun adanya kendala komunikasi antara Order Taker dengan Front Office timbul masalah yang dapat menyebabkan komplainnya tamu di Cambridge Hotel Medan. Berkomunikasi berarti adanya informasi yang disampaikan pihak satu dengan pihak lainnya dengan syarat adanya pemberi dan penerima informasi tersebut. Terjalinnya komunikasi yang baik akan memberikan kelancaran operasional yang berlangsung sehingga dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan. Dan tanpa adanya komunikasi yang baik, kedua departemen ini akan terhambat sehingga akan merugikan perusahaan, terjadinya gesekan antara kedua belah pihak secara tidak langsung akan berdampak terhadap pelayanan tamu.


Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan melakukan observasi dan wawancara sekaligus melihat dan mengamati komunikasi antara Order Taker dan Front Office. Kemudian hasil wawancara yang disajikan dilakukan reduksi atau penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menjelaskan bahwa pentingnya komunikasi internal yang terjadi pada order taker dan departemen front office karena kedua departemen ini saling keterkaitan dengan kelancaran operasional di Cambridge Hotel Medan. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar meningkatkan budaya komunikatif baik pimpinan maupun karyawan untuk mencapai kelancaran operasional.

Keywords

Komunikasi, Kelancaran Operasional.

Article Details

How to Cite
Yafie, S. A. (2023). The Importance of Order Taker Communication and Front Office for the Smooth Operation of the Housekeeping Department at Cambridge Hotel Medan. Jurnal Online Mahasiswa, 1(3). Retrieved from http://jom.poltekparmedan.ac.id/index.php/jomph/article/view/69

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.