Main Article Content

Abstract

Housekeeping adalah salah satu departemen yang menunjang kenyamanan tamu dalam penyediaan kamar dan kepuasan tamu  selama menginap dan menggunakan fasiilitas yang ada di hotel. Departemen ini memegang kunci kenyamanan para tamu yang menginap, maka dari itu kompetensi seorang room attendant pada housekeeping departemen perlu ditingkatkan untuk menunjang profesionalisme kerjanya dan dapat memberikan kepuasan kepada tamu. Berdasarkan data Cambridge Hotel Medan bahwa masih ada beberapa room attendant yang belum tersertivikasi kompeten oleh Lembaga Sertivikasi Profesi.


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi terhadap profesionalisme kerja room attendant di housekeeping departemen, yang pengaruhnya bersifat signifikan dan posittif secara simultan maupun parsial terhadap profesionalisme kerja room attendant.


Penelitian ini dilakukan di Cambridge Hotel Medan. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif kausal, yaitu yang menekankan pada pengujian teori-teori melalui pengukuran variabel dengan angka dan melakukan analisis data statistika sedangkan kausal artinya penelitian yang memiliki tujuan sebab akibat atau hubungan antara mempengaruhi dan dipengaruhi. Dimana teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara tidak tersrtuktur dan penyebaran kuesioner kepada responden yang ada di housekeeping departemen Cambridge Hotel Medan. Kemudian seluruh data yang diperoleh diolah menggunakan aplikasi SPSS for window versi. 25.


Hasil penelitian  menunjukkan bahwa kompetensi dengan profesionalisme kerja memiliki korelasi yang kuat, yaitu sebesar 0.625 atau 62.5%, hal ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model regresi, dimana variabel independen atau bebas (kompetensi) Memiliki Pengaruh yang signifikan dan positif terhadap variabel dependen atau terikat (Profesionalisme Kerja) sebesar 62.5%. sebaliknya 37.5% dipengaruhi faktor lain yang tidak dimasukkan  dalam penelitian ini. Pengaruh ini telah diuji dengan menggunakan uji hipotesis statistik parsial (Uji T).

Keywords

Kompetensi Profesionalisme Kerja

Article Details

How to Cite
Siringoringo, K. (2022). Pengaruh Kompetensi Terhadap Profesionalisme Kerja Room Attendant Di Housekeeping Department Pada Cambridge Hotel Medan. Jurnal Online Mahasiswa Politeknik Pariwisata Medan, 1(1), 1–12. Retrieved from http://jom.poltekparmedan.ac.id/index.php/jomph/article/view/18