Main Article Content

Abstract

ABSTRAK


TripAdvisor adalah media online yang menyediakan informasi  ulasan dan komentar wisatawan tentang  hotel atau objek wisata. Karibia Boutique Hotel Medan menggunakan aplikasi TripAdvisor sebagai salah satu alat pemasarannya. Ulasan tamu di TripAdvisor memudahkan calon tamu baru untuk menemukan hotel tempat menginap karena ulasan tertulis memberikan kesan atau citra sebuah hotel. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Data yang diperoleh dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara dan studi pustaka. Pengamatan dilakukan  dengan mengumpulkan 100 review online  tamu yang menginap di Karibia Boutique Hotel Medan pada aplikasi TripAdvisor. Metode yang digunakan peneliti adalah analisis skala likert, uji normalitas, uji korelasi Spearman rho. Melalui analisis skala Likert dapat diketahui bahwa isi review atau komentar  di TripAdvisor sangat bermanfaat dan berguna bagi calon konsumen untuk menentukan pilihan menginap dengan rate sebesar 82,5% yang artinya sangat baik dan 66,25% pelanggan adalah puas dengan masa tinggal mereka di Karibia Boutique Hotel. Uji korelasi Spearman's rho menjelaskan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara review pelanggan online  dengan kepuasan pelanggan. Koefisien korelasi sebesar 0,615 menjelaskan bahwa 61,5% kepuasan pelanggan terkait dengan ulasan online pelanggan, sedangkan 38,5 terkait dengan variabel lain.

Keywords

Online customer review, TripAdvisor, kepuasan menginap

Article Details

How to Cite
Matondang, M. (2023). Online Analysis of Customer Reviews on TripAdvisor About Customer Satisfaction Staying at the Caribbean Boutique Hotel Medan. Jurnal Online Mahasiswa, 1(2). Retrieved from http://jom.poltekparmedan.ac.id/index.php/jomph/article/view/64

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.