Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
TripAdvisor adalah media online yang menyediakan informasi ulasan dan komentar wisatawan tentang hotel atau objek wisata. Karibia Boutique Hotel Medan menggunakan aplikasi TripAdvisor sebagai salah satu alat pemasarannya. Ulasan tamu di TripAdvisor memudahkan calon tamu baru untuk menemukan hotel tempat menginap karena ulasan tertulis memberikan kesan atau citra sebuah hotel. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Data yang diperoleh dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara dan studi pustaka. Pengamatan dilakukan dengan mengumpulkan 100 review online tamu yang menginap di Karibia Boutique Hotel Medan pada aplikasi TripAdvisor. Metode yang digunakan peneliti adalah analisis skala likert, uji normalitas, uji korelasi Spearman rho. Melalui analisis skala Likert dapat diketahui bahwa isi review atau komentar di TripAdvisor sangat bermanfaat dan berguna bagi calon konsumen untuk menentukan pilihan menginap dengan rate sebesar 82,5% yang artinya sangat baik dan 66,25% pelanggan adalah puas dengan masa tinggal mereka di Karibia Boutique Hotel. Uji korelasi Spearman's rho menjelaskan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara review pelanggan online dengan kepuasan pelanggan. Koefisien korelasi sebesar 0,615 menjelaskan bahwa 61,5% kepuasan pelanggan terkait dengan ulasan online pelanggan, sedangkan 38,5 terkait dengan variabel lain.